18 November 2010



Sebelum saya berbagi informasi beasiswa dari pemerintah Norwegia, izinkan saya berbagi cerita penagalaman wawancara beasiswa.

Ketika menyebut Norwegia, saya teringat pada saat wawancara akhir Beasiswa Pemerintah Aceh tahun 2008. Saat itu ada satu pertanyaan yang paling saya ingat.



"Hendri, negara mana yang Anda tuju untuk kuliah S2, jika seandainya Anda menjadi salah satu kandidat penerima beasiswa Pemerintah Aceh" tanya pewawancara.

"Saya ingin kuliah di University of Oslo, Norwegia" jawab saya dengan semangatnya.

"Wow, kenapa Anda memilih Norwegia dan University of Oslo" tanya pewawancara lagi.

"Karena universitasnya salah satu universitas terbaik di dunia dan saya ingin tinggal di negera yang ada saljunya" jawab saya dengan senyum.

Sebuah pengalaman wawancara yang berharga..

Kita kembali ke topik beasiswa dari pemerintah Norwegia.

Beasiswa pemerintah Norwegia yang disebut dengan The Norwegian Quota Scheme adalah skema pembiayaan pendidikan yang ditawarkan Pemerintah Norwegia bagi para pelajar dari negara-negara berkembang, Eropa Tengah dan Eropa Barat, serta dari Asia Tengah untuk menimba ilmu di perguruan-perguruan tinggi Norwegia.

Kandidat yang diprioritaskan adalah pelajar yang telah memiliki jaringan kerjasama yang baik dan proyek atau bidang studi yang bertema spesifik tentang Norwegia.

Kandidat dari institusi-institusi pendidikan yang sudah memiliki kerjasama formal dengan University of Oslo juga disarankan mendaftarn beasiswa ini.

Skema beasiswa yang diberikan antara lain asrama dan biaya hidup setahun selama masa studi yang diberikan oleh Norwegian State Educational Loan Fund.

Informasi mengenai syarat beasiswa ini bisa dilihat di http://www.uio.no.
Batas akhir pengiriman aplikasi ditunggu sampai 1 Desember 2010.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum....
    Kenalkan saya desi saya berasal dari aceh. Saya tertarik untuk kuliah s1 atau s2 di norwegia.
    Mohon informasinya...
    Email : oktavianadesi12yahoo.com

    Terimakasih

    BalasHapus

Tanggapan Anda

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!